Tuesday 20 January 2015

Zaman Besi



Zaman Besi adalah zaman yang didalamnya besi menjadi bahan utama dalam pembuatan alat-alat dan senjata. Zaman ini merupaka zaman terakhir dari zaman utama. Pada zaman ini, manusia sudah dapat meleburkan biji besi dan membuatnya menjadi alat-alat atau senjata. Alat-alat yang digunakan pun dinilai paling sempurna dari alat-alat pada zaman sebelumnya. Namun, karena banyak alat yang sudah rusak sehingga peninggalan yang ditemukan hanya sedikit dibandingkan peninggalan zaman-zaman sebelumnya. Berikut adalah peninggalan dari zaman besi :

1. Mata Panah
Mata panah merupakan salah satu alat berburu pada zaman tersebut. Perkembangan mata panah pun memang terjadi seiring dengan budaya yang mengikutinya. Awalnya, mata panah dibuat dengan meruncingkan kayu menggunakan tulang. Batu kemudian pada zaman di mana besi telah bisa diolah buat dijadikan peralatan serta senjata , maka dibuat pula mata panah tersebut. Tentu saja hasilnya akan lebih baik dan awet jika dibanding dengan bahan standar sebelumnya. Alat ini sering dipakai buat menangkap ikan ataupun berburu hewan-hewan lainnya. Mata panah ini banyak ditemukan di gua-gua dekat sungai

2. Perhiasan
Selain peralatan berburu, besi pada zaman tersebut juga dibuat sebagai perhiasan. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan banyak ditemukannya perhiasan yang diperkirakan oleh para peneliti dibuat pada Zaman Besi. Perhiasan seperti gelang dan manik-manik merupakan peninggalan pada Zaman Besi yang banyak ditemukan.

3. Mata Pisau
Mata pisau ini bisa digunakan sebagai pertahanan diri dari binatang buas . Selain digunakan sebagai alat untuk melindungi diri, mata pisau juga dijadikan sebagai alat buat mengumpulkan makanan. Bahan makanan dari hasil buruan maupun tanaman sekitarnya bisa dikumpulkan menggunakan mata pisau ini. Tentu dengan ditemukannya alat tersebut, akan memudahkan manusia untuk mengolah makanannya. Alatnya tak terlalu besar seperti kapak, hanya tipis dan kecil, sehingga praktis digunakan.

4. Mata Sabit
Besi juga dapat dibuat sebagai mata sabit. Mata sabit ditemukan pada zaman besi diduga digunakan untuk menyabit tumbuhan. Kegunaannya hampir sama dengan mata pisau. Alat ini hanya sedikit besar dibanding dengan mata pisau. Sampai saat ini, sabit masih digunakan sebagai alat pertanian.

5. Mata Pedang
Pedang pertama kali diperkirakan dipakai oleh bangsa Hittie, Myceania, Yunani, dan Proto-Celtit Halstatt. Besi pada waktu itu memang tersedia dalam jumlah yang banyak. Tidak heran jika manusia yang mulai berkembang akal pikirannya mengubah biji besi menjadi peralatan perang dari besi. Pembuatan pedang awalnya memiliki kualitas yang sangat buruk.
Setelah melakukan beberapa penelitian, maka ditemukanlah campuran pembuatan pedang besi agar tak mudah ringkih dan lunak. Karbon merupakan bahan tambahan nan dipercaya akan membuat besi menghasilkan pedang dengan kualitas bagus. Saat ini, besi campuran karbon tersebut dikenal dengan besi baja. Pada zaman ini pula, ditemukan bagaimana pola membuat pedang .

6. Perisai Perunggu
Perisai perunggu ini diyakini merupakan peninggalan pada zaman besi. Keberadaan perisai ini diyakini dibuat pada 300 SM. Perisai yang diyakini merupakan perhiasan peninggalan bangsa Kelt ini pertama kali ditemukan dilapisi dengan kerangka kayu di Sungai Witham di dekat Lincoln, Inggris.
Batu karang dari kawasan Mediterania serta potongan kulit babi hutan juga menghiasi bagian belakang perisai ini. Hal tersebut menandakan bahwa perisai ini merupakan barang berharga di zaman pembuatannya. Hal tersebut bisa dilihat dari penyimpanan nan begitu rapi. Perisai ini kemudian dikenal dengan nama The Witham Shield.

No comments:

Post a Comment